N. Mimin Rukmini

N. Mimin Rukmini. Sejak gabung Media Guru, beranggapan menulis adalah kebutuhan. Beberapa hari tak menulis angan dah mulai teriris. Prinsip hidup "Aku Ing...

Selengkapnya
Navigasi Web
Pembelajaran dan Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB)

Pembelajaran dan Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB)

Pembelajaran dan Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB)

Tantangan Hari ke-10

#TantanganGurusiana

Sungguh terharu dan bangga ketika suatu pekerjaan yang dianggap asing dan baru dialami, dapat dilalui dan dilaksanakan walaupun jauh dari apa yang diharapkan. Namun, menjadi pembelajaran berharga yang tidak terduga ajang perbaikan dan tindak lanjut rencana yang akan datang.

Hal tersebut penulis ungkapkan ketika pertama kali melaksanakan zoomeeting dari room sendiri dengan peserta MGMP tingkat kabupaten. Walau pernah beberapa kali mengikuti webinar atau vicall dan sebagainya, tetapi dengan room sendiri berarti harus bertanggung jawab mulai dari perencanaan, pelaksanaan, bahkan sampai evaluasi, atau hasil yang dapat dicapai.

Ketika waktu zoom menunjukkan hampir selesai, di sela-sela pembicaraan, salah seorang peserta mengingatkan, “Bu hampir 40 menit!” “Siap!” jawabku.

Dari awal pembiacaraan di grup Whatsap, pertemuan akan dimulai pukul 20.00 sampai dengan 20.40, waktu terlewati tanpa terasa karena memang apa yang dibicarakan adalah hal penting dan sungguh berguna dalam menghadapi era pembelajaran dalam memulai Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB). Adalah Pak Yayan, peserta dari SMPN 3 Rongga yang telah membagi ilmu tentang Office 365. Terjadi Tanya-jawab yang seru antara peserta dengan penyaji lewat pemandu (Penulis artikel ini), hingga sampai pada simpulan bahwa Office 365 adalah sarana pembelajaran daring yang menyajikan fitur-fitur lebih banyak dan mudah dalam penggunaannya.

Sebagai pemandu dan sekaligus ketua MGMP berpendapat bahwa apa pun kalau mulai digerakkan hasilnya akan terlihat, potensi akan mencuat, bahkan pembelajaran untuk masing-masing peserta akan terasa. Pembelajaran bisa dalam arti untuk pembelajaran di kelas atau pembelajaran untuk diri sendiri sebagai tambahan pengetahuan, keterampilan, atau sikap yang dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari terutama dengan masih tetap menghadapi WFH Covid-19.

Banyak cara dan gaya belajar bagi guru ketika dalam masa AKB ini. Yang jelas, jika dalam diri sudah melekat ingin selalu bergerak, ingin keluar dari zona aman, ingin berbeda dengan orang lain dalam arti positif, peluang untuk belajar akan selalu terbuka. Bisa!

Lewat tulisan ini, penulis ucapkan terima kasih pada peserta zoometing silaturahmi MGMP B, Indonesia. Demikian pula Narasumber Bu Dian Diana, dan Kang Yayan yang hebat! MGMP B. Indonesia Bandung Barat, hebat!

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

He hr he...haduh hapunten Bu Bos! Hilaaaap... Da gugup pisaan

03 Jun
Balas

Besok-besok harus lapor ke Bosnya MGMP B. Indonesia, ya. Jangan telat laporannya haha.

03 Jun
Balas



search

New Post